Kamis, 29 September 2011

Segmentasi Pasar

Terbagi menjadi 4 metode :

  1. Demografis, segmentasi : usia, gender, ukuran, keluarga, tahap, siklus, hidup  keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, agama, ras/kebangsaan
  2. Geografis, segmentasi : daerah, ukuran populasi, kepadatan, iklim
  3. Behavioristis, segmentasi : manfaat-manfaat yang dicari, penggunaan volume, loyalitas produk
  4. psikografis, segmentasi : gaya hidup, kepribadian
Segmentasi Demografis
Memakai acuan "segmentasi demografis" bagi para pemasar, direncanakan mereka seringkali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli konsumen serta dapat langsung diukur

Segmentasi Geografis
Masyarakat suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain

Segmentasi Behavioritis
Para perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume dan loyalitas merek

Segmentasi Psikologis
Didasarkan pada gaya hidup atau kepribadian. Penentuan gaya hidup didasarkan pada kegiatan analisi kegiatan, minat, dan opini (activities, interest, opinion) pada dasarnya kepribadian yang konsisten akan melahirkan sebuah gaya hidup

Jenis-Jenis Pasar
Pasar biasanya berarti tempat dimana terjadi pertukaran antara penjual dengan pembeli, dalam hal ini pasar yang kita bicarakan yang berarti daerah dimana barang-barang dijual terdiri dari berbagai macam tipe pembeli

ada 4 tipe pasar, yaitu :
  • Customer
Pasar konsumen terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan serius unruk keperluan pribadi atau keperluan keluarga atau sehari-hari
  • Bussiness to Bussiness
Perusahaan-perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai proses operasional produksi mereka
  • Institusional Market
pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas seperti contoh : rumah sakit, sekolah, dan lembaga pemerintah yang menyediakan leperluan masyarakat
  • Reseller
Pengecer merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yangh membeli produk detengah jadi untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya

Advertising
berasal dari kata Ad-verrere (mengalihkan suatu pandangan)
Reklame (latin) re (diulang atau lagi), clame (berteriak atau berseru) sesuatu yang diulang-ulang

Advertising : memberikan informasi tentang produk / jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan

Iklan
  • Penyampaian suatu gagasan, produk atau jasa
  • ditujukan kepada khalayak sasaran
  • melalui ,edia massa
  • mengharap hasil / keuntungan tertentu
  • ada sponsor yang jelas
Jenis-jenis iklan :
  1.  Iklan Komersial : iklan yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk/jasa, biasanya disebut dengan comercial. Iklan komersial biasanya dikomunikasikan melalui media-media konvension maupun new media
  2. Iklan non-komersial : Iklan non-komersial banyak jenisnya (iklan lapangan pekerjaan, duka cita, orang hilang). Iklan non-komersial merupakan bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat
  3. Iklan Corporate : iklan yang bertujuan membangun citra (image) suatu instansi atau perusahaan dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atau jasa atau produk. Kampanye iklan corporate idealnya dilakukan bersama kampanye PR (Public Relation). Iklan corporate akan efektif bila didukung dengan fakta-fakta yang kuat, yang mempunyai nilai berita, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat
Tanggal pertemuan 23 September 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar