Jumat, 09 Desember 2011

1.       Eksekusi pesan iklan :  Dalam keputusan eksekusi, iklan diperlukan daya tarik.

2.       Daya tarik iklan ada 7 dalam eksekusi pesan iklan :
·         Daya tarik selebritis : para pengiklan menggunakan selebritis untuk mengiklankan produk yang mereka tawarkan.

·         Daya iklan humor : para pengiklan menggunakan humor sebagai bumbu untuk memicu perhatian,serta menciptakan tindakan konsumen membeli produk. Dalam daya tarik ini humor efektif dalam menyampaikan iklan :
Ø  Humor merupakan metodo efektif untuk menarik perhatian.
Ø  Humor menyempurnakan kesukaan baik terhadap iklan.
Ø  Humor tidak merugikan secara keseluruhan.
Ø  Humor tidak memberikan keunggulan terhadap non humor untuk meningkatkan persuasi.
Ø  Sifat produk mempengaruhi kesesuaian penggunaan humor.

·         Daya tarik iklan rasa takut :
Ø  Daya tarik seperti ini cocok untuk memperbaiki motivasi
Ø  Mengidentifikasi konsekuensi negatife jika tidak menggunakan produk
Ø  Mengidenfitikasi konsekuensi negatife terhadap perilaku tidak aman(missal: minuman keras,rokok,telepon saat menyetir).
Ø  Daya tarik rasa takut kita dapat melihat tanggapan daya target pasar.

·         Daya tarik kesalahan: cara seperti ini cocok untuk menggunakan daya tarik kesalahan dan berusaha yang dapat di gantikan dengan produk yang kita iklankan.

·         Daya tarik komperatif/perbandingan.
Ø  Iklan komperatif lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merek di bandingkan non-koperatif.
Ø  Lebih condong dengan sikap terhadap merk yang di iklankan.
Ø  Secara umum lebih kuat intensitas konsumen untuk membeli merk yang di iklankan.
Ø  Mempunyai persepsi kurang dapat di percaya di bandingkan iklan non komperatif.

·         Daya tarik positif/rasional : daya tarik yang berfungsi atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk yang memberikan tekanan,manfaat pada suatu merk.

·         Daya tarik emosional :  daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk.

3.       9 gaya dlam pelaksanaan pesan iklan :
1)      Menjual langsung : gaya ini, langsung tertuju pada informasi produk.
2)      Potongan kehidupan : gaya ini, didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari- hari.
3)      Gaya hidup : gaya ini, menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatau gaya hidup.
4)      Khayalan : gaya ini, menciptakan fantasi di sekitar produk tersebut atau penggunanya.
5)      Susana/citra (mood or image) : gaya ini, menciptakan pendekatan yang membangkitkan suasana/ citra di sekitar produk yang menciptakan sebuah sugesti.
6)      Simbol kepribadian : gaya ini, menciptakan sebuah karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut.
7)      Keahlian teknis : gaya ini, menciptakan keshlisn, pengalaman dan kebanggaan perusahaan dalam memproduksi produknya dengan teknis yang sangat kuat.
8)      Bukti ilmiah : gaya ini, menggunakan prndekatan dengan menyajikan bukti untuk memperkuat bukti kualitas sebuah produk.
9)      Bukti kesaksian : gaya ini, menggunakan sebuah personal saat menggunakan produk.

Pertemuan tanggal 2 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar